Samudera Pengetahuan Islami

Hanya Ridho Ilahi Harapan Manusia

Rumah Hemat Sekaligus Ramah Lingkungan

Posted by almakmun on 23/04/2009

Memiliki rumah yang nyaman, menawan dan hemat merupakan impian dan idaman setiap orang. Apalagi dalam kondisi krisis keuangan global seperti sekarang, faktor hemat menjadi pilihan setiap individu.

Perusahaan desain Iosa Ghini mencoba memberikan solusi desain rumah yang barangkali dapat kita jadikan inspirasi dalam membangun rumah.

Iosa Ghini mencoba memberikan desain rumah yang futuristik sekaligus ramah lingkungan dengan mengoptimalkan teknologi lingkungan dari sumber yang aktif ataupun pasif. Rumah tersebut dinamai dengan Cyprus House.

Adapun beberapa penerapan teknologi yang digunakan dalam Cyprus house adalah:

Pertama, pada permukaan dinding bagian luar, memakai bahan Photocatalytic yang akan mengkonversi organik yang berbahaya menjadi tidak berbahaya

Kedua, Low E-Glass, digunakan pada kaca jendela yang akan menyerap panas, sehingga ruangan dalam rumah tidak terlalu panas. Dengan demikian, pemakaian pendingin ruangan dapat dihemat.

Ketiga, Adjustable Solar Panels memungkinkan panel surya yang ada dapat menyerap sinar matahari secara optimal karena panelnya yang dapat bergerak sesuai dengan pergerakan arah sinar matahari.

Keempat, Rain Harversting yang digunakan untuk menampung air hujan, sehingga dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan sehari-hari seperti menyiram tanaman atau untuk toilet.

Kelima, Storage Heating adalah penyimpanan sumber panas yang nantinya akan digunakan untuk menghangatkan ruangan pada saat musim dingin tiba, sehingga mengurangi penggunaan mesin penghangat ruangan (heater).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: