Samudera Pengetahuan Islami

Hanya Ridho Ilahi Harapan Manusia

Perumpamaan Hidup di Dunia Menurut Al-Qur’an

Posted by almakmun on 02/05/2009

Sebelum membicarakan masalah hidup, terlebih dahulu harus kita bedakan ke dalam dua kategori orang yang memaknai arti hidup itu sendiri, yaitu mereka yang percaya akan adanya hidup sesudah kehidupan di dunia dan kedua adalah mereka yang tidak percaya akan adanya kehidupan sesudah kehidupan dunia. Pembedaan ini sangat penting karena dari pembedaan ini akan menghasilkan pemikiran akan makna dan arti hidup di dunia ini.
Di sini saya tidak akan terlalu jauh membahas mengenai hidup di dunia, sebab pembahasan tersebut akan saya jelaskan pada judul pembahasan yang lain. Sedangkan dalam kesempatan ini akan saya uraikan mengenai perumpamaan manusia hidup di dunia berdasarkan al-Qur’an.
Telah jamak di masyarakat mengenai perumpamaan hidup di dunia ini. Setiap daerah dan suku mempunyai kata-kata bijak tentang perumpamaan hidup. Sebagai contoh biasanya kita dinasehati oleh orang-orang tua bahwa “Wong urip kuwi ibarate koyo wong mampir ngombe” (orang hidup di dunia ini laksana orang yang sedang dalam bepergian yang hanya mampir untuk minum saja). Di sini menggambarkan bahwa orang hidup di dunia ini hanya sesaat dan sebentar, sebagaimana orang yang hanya mampir minum dan minum itu sendiri kan tidak membutuhkan waku lama.
Begitu juga dengan perumpamaan-perumpamaan yang lainnya yang telah saya coba untuk pahami, ternyata inti dari perumpamaan tersebut bahwa kehidupan di dunia ini hanya sebentar. Seseorang akan lahir, tumbuh menjadi anak-anak, kemudian tumbuh menjadi remaja, terus tumbuh menjadi orang dewasa setelah itu menjadi orang tua dan akhirnya menjadi tua renta dan kemudian mati.
Mari kita kembali mengenai perumpamaan hidup. Apakah perumpamaan-perumpamaan hidup yang berkembang dimasyarakat itu salah? Untuk apa Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia Dan bagaimana sebenarnya perumpamaan hidup menurut al-Qur’an yang notabene merupakan Firman Allah dan petunjuk serta pegangan hidup semua orang.
Allah membuat perumpamaan dalam al-Qur’an bertujuan agar manusia bisa mengambil pelajaran atas perumpamaan-perumpamaan tersebut sebagaimana yang ada dalam surat az-Zumar: 27:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْءَانِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (الزمر: 27)
Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur’an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran.
Namun demikian, tidak sedikit di antara manusia yang membantah atas perumpamaan tersebut dan bahkan banyak juga yang mengingkarinya. Hal ini ditandaskan dalam Firman Allah:
وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَذَا الْقُرْءَانِ لِلنَّاسِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ وَكَانَ الْإِنْسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا (الكهف: 54)
Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.
وَلَقَدْ صَرَّفْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْءَانِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ فَأَبَى أَكْثَرُ النَّاسِ إِلَّا كُفُورًا (الإسراء: 89)
Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam Al Qur’an ini tiap-tiap macam perumpamaan, tapi kebanyakan manusia tidak menyukai kecuali mengingkari (nya).
Saya mencoba untuk mengumpulkan semua ayat yang ada di dalam al-Qur’an yang membahas tentang kehidupan. Setelah saya kumpulkan dan saya teliti lebih lanjut akhirnya saya menemukan bahwa perumpamaan hidup di dunia ini ada 3.
Pertama, perumpamaan hidup di dunia yang terdapat di dalamm surat Yunus : 24,
إِنَّمَا مَثَلُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْأَنْعَامُ حَتَّى إِذَا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلًا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ كَذَلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (يونس:24)
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berfikir.
Kedua, perumpamaan hidup yang tertulis dalam surat al-Kahfi: 45,
وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ مُقْتَدِرًا (الكهف: 45)
Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Ketiga, perumpamaan yang ada di dalam surat al-A’raf: 57
وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ حَتَّى إِذَا أَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالًا سُقْنَاهُ لِبَلَدٍ مَيِّتٍ فَأَنْزَلْنَا بِهِ الْمَاءَ فَأَخْرَجْنَا بِهِ مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ كَذَلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتَى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (الأعراف: 57)
Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: