Samudera Pengetahuan Islami

Hanya Ridho Ilahi Harapan Manusia

Wisata Desa Tutur Siap Manjakan Pengunjung

Posted by almakmun on 28/05/2009

Indonesia dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan kekayaan alam yang melimpah dan juga keindahan panorama alam yang luar biasa. Tak heran jika banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan ”zamrud khatulistiwa”.
Sebagai negara yang berada tepat di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki beraneka ragam flora dan fauna serta wisata alam yang mengagumkan sebagai tempat wisata. Selain keindahan alam yang dimiliki, Indonesia juga kaya akan kebudayaan, kesenian dan kerajinan yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara datang silih berganti ke tempat wisata yang jumlahnya sangat banyak yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.
Khusus untuk Jawa Timur, sebagaimana yang tercatat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa timur jumlah objek wisata yang ada mencapai 605 tempat. Salah satu objek wisata baru yang di deklarasikan oleh Gubernur jawa Timur pada tanggal 30 Mei 2009 adalah objek wisata desa atau wisata agro yang diberi nama Wisata Desa Tutur, terletak di kecamatan Tutur Pasuruan.
Dinamakan Wisata Desa Tutur karena di kecamatan tersebut terdapat lima desa yang mempunyai potensi yang bervariatif sekaligus mempunyai keindahan alam yang mengagumkan. Bahkan keindahan bukit Bromo dapat dinikmati dari sana. Di samping itu, di sana juga ada kerajinan dan kesenian lokal sendiri.
Desa Wisata Tutur menawarkan kenikmatan wisata yang menyenangkan bagi pengunjung. Di tengah pemandangan yang cantik, udara yang sejuk (suhu berkisar antara 17-24 C), pengunjung dapat berkebun atau memetik buah apel di kebun apel yang ada di desa Andonoari kecamatan Tutur. Tidak hanya sampai disitu, pengunjung akan mendapatkan informasi lengkap mengenai tanaman apel, mulai dari cara bercocok tanam sampai mengolah apel menjadi berbagai macam jenis makanan seperti jenang apel, kripik apel atau minuman seperti wine apel, teh apel, bahkan sampai cuka apel.
Setelah puas menikmati aneka ragam apel, pengunjung bisa mengunjungi keindahan bunga krisan di desa Mesagi. Di desa ini, petani bunga krisan dapat menghasilkan bunga krisan setiap harinya yang dikirimkan ke beberapa daerah lain.
Masih di kecamatan Tutur, pengunjung dapat mampir di desa Condido Agro yang terdapat aktifitas pengumpulan dan pengepakan bunga potong krisan, serta pusat produksi bunga pot krisan. Di sini pengunjung juga bisa menemukan pusat produksi dan konsultasi obat herbal.
Tidak hanya kebun apel saja yang dapat dinikmati, wisata desa ini juga terdapat kebun strawbery di desa Wonosari kecamatan Tutur. Di sini wisatawan bisa memetik dan makan buah strawbery sepuasnya sambil mendapat pengarahan tentang teknik budidaya buah tersebut.
Selain itu, wisatawan dapat menuju lokasi petani sayur-mayur di desa Tutur. Di sini, terdapat berbagai macam sayuran seperti paprica, labu siem, kyuri, dll. Di sini wisatawan dapat memetik sendiri sayuran tersebut untuk dibawa pulang, karena ditempat ini merupakan tempat jenis tanaman pangan dikembangkan masyarakat. Selain itu, rumput gajah juga menjadi andalan petani sebagai pakan ternak.
Pengalaman lain yang dapat dinikmati adalah peternakan sapi baik sapi pedaging atau sapi perah. Di sini tidak hanya proses pemerahan susu sapi saja melainkan juga terdapat aktivitas produksi keju yang sudah diekspor ke luar negeri.
Yang tak kalah pentingnya, Wisata Desa Tutur bisa digunakan sebagai tempat istirahat sejenak/ transit bagi wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke kawasan wisata gunung Bromo. Sebab Wisata desa ini berada pada jalur menuju Bromo. Penasaran, silahkan ajak saudara atau kerabat anda untuk menikmati sensasi Wisata desa.

tutur

2 Responses to “Wisata Desa Tutur Siap Manjakan Pengunjung”

  1. Thanks atas infonya…

  2. joko said

    infonya mantap makasih ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: