Samudera Pengetahuan Islami

Hanya Ridho Ilahi Harapan Manusia

Mukjizat al-Qur’an

Posted by almakmun on 04/06/2009

Al-Qur’an adalah Wahyu Allah Swt., menjadi petunjuk bagi umat manusia. Al-Qur’an oleh Rasulullah Saw., dinyatakan sebagai Ma’dubatullah (Hidangan Ilahi).
Al-Qur’an adalah Kalam Allah Swt., yang turun kepada nabi Muhammad Saw., ia bukanlah buatan Nabi Muhammad Saw., bahkan Allah Swt., menantang siapa saja dari golongan manusia dan jin atau mereka bersekutu niscaya mereka tidak akan mampu membuatnya. Sebagaimana Firman Allah Swt.:
أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa saja yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” (Qs. Yunus: 38)

Al-Qur’an merupakan tanda dan pembenar kenabian Muhammad Saw., sebagaimana Rasulullah Saw., bersabda yang artinya: Setiap Nabi diberi tanda sebagai bukti kenabian mereka, tanda-tanda yang ditunjukkan itu boleh menarik perhatian umat masing-masing supaya beriman dengan mereka. Sedangkan yang diberikan kepadaku hanyalah wahyu yang diturunkan oleh Allah Swt., (al-Qur’an). Oleh karena itu aku berharap, akulah yang paling ramai pengikut dibanding dengan mereka pada Hari Kiamat.
Al-Qur’an juga menjadi pembenar-kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum nabi Muhammad Saw., sebagai tanda bahwa ia benar-benar datang dari Allah Swt., sebagaimana Allah Swt., berfirman:
وَمَا كَانَ هَذَا الْقُرْءَانُ أَنْ يُفْتَرَى مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Tidaklah mungkin Al Qur’an ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Qur’an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam. (Qs. Yunus: 32)
Untuk itu, janganlah ragu dan ingkar atas kebenaran al-Qur’an. Karena orang yang demikian tempatnya adalah di neraka. Sebagaimana Firman Allah Swt. :
وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ مِنَ الْأَحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهُ فَلَا تَكُ فِي مِرْيَةٍ مِنْهُ إِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ
Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Qur’an, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Qur’an itu. Sesungguhnya (Al Qur’an) itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.(QS. Hud: 14)
Andaikata al-Qur’an bukan dari sisi Allah Swt., niscaya akan banyak pertentangan di dalamnya, baik isi, sastra atau bahasanya. Hal ini dinyatakan oleh Allah Swt. :
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (Qs. An-Nisa’: 82)
Bahasa al-Qur’an yang begitu mempesona, redaksinya yang begitu teliti dan mutiara pesan-pesannya yang demikian agung, telah mengantar kalbu masyarakat yang ditemuinya berdecak kagum.

Ayat-ayat al-Qur’an bagaikan intan,
Setiap sudutnya memancarkan cahaya yang berbeda dengan apa yang terpancar dari sudut-sudut lainnya,
Dan tidak mustahil jika kita mempersilahkan orang lain memandangnya,
Maka ia akan melihat banyak dibandingkan apa yang kita lihat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: