Samudera Pengetahuan Islami

Hanya Ridho Ilahi Harapan Manusia

Boleh Kok Wanita Tidak Menutup Aurat

Posted by almakmun on 30/01/2010

Ketika membaca judul di atas, tentunya berbagai persepsi ada dikepala pembaca. Apakah benar seorang wanita tidak berdosa jika tidak menutup aurat? Bukan maksud saya untuk membuat sensasi atau mengada-ada. Karena selama ini, tidak sedikit yang tahu bahwa seorang wanita hukumnya wajib untuk menutup auratnya, mereka juga banyak yang beranggapan bahwa kewajiban tersebut adalah bersifat umum, yakni untuk semua wanita dari segala lapisan dan umur.

Namun demikian, jika kita merujuk kembali kepada dasar agama kita, maka kita akan menemukan bahwa ada satu pengecualian bahwa seorang wanita yang tidak menutup auratnya mereka tidak berdosa. Siapakah mereka? Mereka adalah kaum hawa yang sudah berusia lanjut, mereka yang sudah tidak lagi keluar darah haid (sudah tidak subur untuk reproduksi lagi), mereka yang dalam pandangan lelaki sudah tidak “menggairahkan” atau tidak bisa membuat orang laki-laki bernafsu, mereka juga tidak bermaksud ingin memamerkan perhiasan yang menempel di badanya yang mana jika menutup aurat, perhiasan tersebut tidak nampak, seperti gelang, kalung, giwang, dan perhiasan lainnya yang bisa mengakibatkan sombong. Dasar diperbolehkannya wanita lanjut usia tidak menutup aurat adalah Firman Allah yang terdapat di dalam surat an-Nur; 60, yaitu:

وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاءِ اللَّاتِي لَا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ وَأَنْ يَسْتَعْفِفْنَ خَيْرٌ لَهُنَّ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Qs: an-Nuur: 60)

Meski mereka ini tidak berdosa jika tidak menutup aurat, namun begitu, sebuah solusi dan saran yang terbaik dari Tuhan adalah senantiasa berlaku, bertindak dan bertingkah laku dengan sopan. Dalam artian, jangan menggoda, dan penampilannya pun jangan dibuat2 untuk mengundang perhatian orang laki-laki. Dan alangkah baiknya, jika mereka ini tetap menutup aurat demi kesempurnaan dalam berpakaian dan dalam menjalankan nilai-nilai agama Islam. Wa Allahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: